LPM (Lembaga Penjaminan Mutu ) IAIN Curup mengikuti Pelatihan Auditor Internal di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta selama 4 hari mulai dari tanggal 15 – 18 Maret 2021. Pelatihan ini diikuti oleh Muhammad Amin, S.Ag., M.Pd. selaku ketua LPM dan Eka Yanuarti, M. Pd. Selaku sekretaris LPM. Kegiatan pelatihan ini berdasarkan surat dari Rektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dengan Nomor. B-493/Un.02/PT.01/02/2021 tanggal 4 Februari 2021. Acara pelatihan ini bertujuan dalam rangka memenuhi kebutuhan Auditor Internal di seluruh PTKIN. Kegitan pelatihan Auditor Internal ini dipandu oleh trainer dari UIN Sunan Kalijaga dan PT. Global Cerfification Indonesia. Adapun materi yang disampaikan adalah terkait dengan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT, ISO 9001:2015, ISO 19001:2018 dan praktik audit secara online.

Dalam acara pelatihan tersebut disampaikan, bahwa Audit Mutu Internal (AMI) merupakan kegiatan audit berkala yang tak terpisahkan dari  pelaksanaan Sistem Penjaminan Mutu Internal di Perguruan Tinggi termasuk PTKIN.  Penyelenggaraan AMI mutlak diperlukan agar proses PPEPP (Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian dan Peningkatan) dapat berjalan untuk menjamin tercapainya continuous improvement. Hal ini sesuai dengan Permendikbud No 3 tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT) pasal 3 ayat 2.e yang menyatakan bahwa sistem penjaminan mutu internal harus selalu dikembangkan dan diselenggarakan dengan mengacu kepada SNPT . Perguruan tinggi membutuhkan tenaga Auditor yang memenuhi kualifikasi. Tanpa kehadiran Auditor maka proses audit mutu internal tidak bisa dilaksanakan. Pelatihan ini menggabungkan materi audit mutu berbasis Standar Nasional Pendidikan Tinggi dengan menggunakan contoh aplikasi E- AMI UIN Sunan Kalijaga.

Pada akhir kegiatan pelatihan ini seluruh peserta mengikuti post test untuk mengetahui sejaumana penguasaan atas materi dan praktek yang dilakukan. Masing-masing peserta memperoleh sertifikat sebagai tanda mereka telah melakukan pelatihan auditor internal dan siap melakukan audit mutu internal pada perguruan tinggi diamna mereka berasal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *