Senin, 28 Juni 2021, sedang berlangsung rapat Koordinasi IAIN Curup secara online. Rapat Koordinasi ini dilakukan LPM dengan Wakil Rektor I, Ketua LPPM dan Kapus Moderasi Beragama serta seluruh Ketua Konsorsium di lingkungan IAIN Curup. Rapat ini membahas : 1) Template kurikulum KKNI berbasis Moderasi Beragama, beserta RPS, 2). Memunculkan mata kuliah baru institusi yaitu mata kuliah moderasi beragama dan anti korupsi, 3). Insersi (penyisipan) nilai-nilai moderasi dalam pada beberapa mata kuliah, 4). Penetapan tema yang dibahas pada kegiatan FGD dan pertemuan ilmiah konsorsium, 5). Penetapan ketua, anggota konsorsium keilmuan 2021 dengan melibatkan CPNS.

Sebelum Rapat Koordinasi ini dimulai, Warek I IAIN Curup memberikan beberapa arahan terkait dengan penyusunan Kurikulum KKNI berbasis moderasi beagama serta kurikulum anti korupasi. Dalam sambutan memaparkan, sesuai Visi misi IAIN Curup serta mengikuti perkembangan terkini, IAIN Curup perlu memunculkan dua kurikulum baru, yaitu kurikulum KKNI Berbasis Moderasi Beragama dan Kurikulum Anti Korupsi serta penyisipan (insersi) nilai-nilai moderasi dalam setiap mata kuliah. Penambahan 2 (dua) mata kuliah ini tanpa adanya pengahpusan mata kuliah yang lama, tetapi boleh pengurangan SKS (jika memungkinkan) dan tidak berlaku pada mata kuliah Nasional. Kemudian memperhatikan prosentase (%) sebagai jumlah mata kuliah: Mata Kuliah Institusi sebanyak 15 %, Mata Kuliah Fakultas sebanyak 20 % dan Mata Kuliah Keahlian Keprodian sebanyak 65 %. Perumusan kurikulum ini dilakukan oleh tim kerja yang di SK kan oleh Rektor serta batas waktu penyelesaiannya paling lambat tanggal 30 Juli 2021 ujar Dr. Beni Azwar, M. Pd., Kons selaku Wakil Rektor I yang membidangi masalah akademik IAIN Curup.

Rapat koordinasi ini sempat berlangsung dengan alot, tetapi akhirnya disepakati bahwa dalam perumusan kurikulum ini dilakukan dengan memunculkan dua mata kuliah baru pada rumpun mata kuliah institusi yaitu mata kuliah moderasi beragama dan mata kuliah anti korupsi serta meninsersi nilai-nilai moderasi beragama ke dalam beberapa mata kuliah.

Pada akhir rapat koordinasi, Muhammad Amin, S.Ag., M.Pd., selaku ketua LPM IAIN Curup memaparkan bahwa, penyusunan kurikulum KKNI berbasis moderasi beragama ini direncanakan pelaksanaannya pada tanggal 2 s/d 4 Juli 2021 di Bengkulu dengan melibatkan pimpinan fakultas, Ka. Prodi beserta ketua konsursium.   

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *