Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) IAIN Curup melakukan Benchmarking ke Empat Perguruan Tinggi di Pulau Jawa

Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) IAIN Curup melakukan Benchmarking ke Empat Perguruan Tinggi di Pulau Jawa adapun Universitas yang di kunjungi LPM IAIN Curup yaitu Universitas Islama Indonesia (UII), UIN Raden Mas Said Surakarta, Universitas Ahmad Dahlan dan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta adapun tujuan dari kegiatan Benchmarking yang dilakukan LPM IAIN Curup yaitu dalam rangka meningkatkan pemahaman dan penerapan Sistem Penjaminan Mutu Internal dilingkungan IAIN Curup nantinya. Dalam kunjungan ini, LPM IAIN Curup hadir dengan membawa 5 orang anggotanya, mulai dari Ketua, Sekretaris, 3 Kepala Pusat.

AGENDA KUNJUNGAN

Dalam kunjungan ini dilaksanakan beberapa agenda, yang secara umum merupakan sharing tukar ilmu dan pengalaman khususnya dalam melaksanakan penjaminan mutu di lingkungan Institusi masing-masing. Dalam kesempatan ini IAIN Curup memperkenalkan beberapa pembaharuan yang dilakuklan di IAIN Curup, seperti misalnya adanya 6 Kepala Pusat di LPM, sharing problematika dalam melakukan Penjaminan Mutu di IAIN Curup, dan beberapa hal lain yang berkaitan dengan penjaminan mutu. Kemudian mendengarkah sharing penerapan SPMI dari Universitas Islam Indonesia, hal serupa dilakukan dalam kunjungan kerja LPM IAIN Curup ke berberapa kampus lainnya.

Foto Bersama dengan LPM UII Yogyakarta

 

Selanjutnya pada sesi bersama Universitas Muhammadiyah Yogyakarta tim LPM IAIN Curup menerima masukan terkait pembaharuan layanan akademik dengan menggunakan manajemen aplikasi adapun beberapa aplikasi yang digunakan dalam Penjaminan Mutu di lingkungan Univesitas Muhammadiyah Yogyakarta. Yakni diantaranya :

  1. Layanan pada situs resmi UMY tentang Permohonan Dokumen/data, Early Warning System Akreditasi Prodi, Permohonan Kunjungan Bencmarking Kritik dan saran, Bidang Penjaminan Mutu Internal, Bidang penjaminan mutu Eksternal, Bidang Audit Keuangan
  2. Simlitabmas
  3. Sistem Informasi Kinerja Core Unit UMY Berbasis Instrumen APS 4.0
  4. EIS : Sistem Informasi Eksekutif
  5. MYKLASS-FEB.UMY

Foto LPM IAIN Curup dengan LPM UMY

Adapun kegiatan yang dilakukan oleh Lembaga Penjaminan Mutu IAIN Curup dinilai oleh kampus yang dikunjungi merupakan hal yang luar biasa. LPM IAIN Curup menunjukan keseriusan dalam meningkatkan Sistem Penjaminan Mutu Internal dibuktikan dengan keseriusan anggota dalam belajar ke banyak kampus di pulau jawa. Yang tentunya hal akan bermuara pada peningkatana Sistem Penjaminan Mutu Eksternal yaitu Akreditas dilingkungan IAIN Curup

Seperti halnya yang kita ketahui ” Tidak ada ilmu terbaik selain dari mempelajari dan mengamalkannya”