MENUJU UNGGUL

Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) IAIN Curup kembali melakukan Benchmarking pada Tahun 2023. Kali ini Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) IAIN Curup melakukan Benchmarking ke UIN Syarifhidayatullah Jakarta dan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Kegiatan ini dilakukan wujud dari keseriusan LPM untuk konsen meningkatkan dan mengembangkan mutu lembaga. Agenda ini dilaksanakan melihat dari PERKIN Rektor salah satunya yaitu Meningkatkan kualitas standar dan system penjaminan mutu pendidikan dengan meningkatkan persentasi status akreditasi unggul.

Quality Ansurance Institusi atau disebut Lembaga Penjaminan Mutu UIN Syarifhidayatullah Jakarta berbagi tentang pengendalian dan pelaksanaan Sistem Penjaminan Mutu Internal dengan basis PPEPP untuk memastikan siklus ini berjalan dengan baik, UIN Syarifhidayatullah Jakarta melakukan pengendalian dengan menggunakan System of Internal Quality Assurance (SIQA). SIQA Merupakan Aplikasi yang dikembangkan oleh IT UIN Syarifhidayatullah Jakarta. Tujuan hadirnya aplikasi SIQA ini yaitu untuk meningkatkan kualitas program studi melalui penyediaan layanan dan alat berbasis aplikasi. Transformasi ini dilakukan karena ada kebutuhan akan best practice sistem penjaminan mutu, yang berarti bahwa unit jaminan mutu harus ada di seluruh kampus, fakultas, dan program studi.Aplikasi SIQA UIN Syarifhidayatullah Jakarta.

    Aplikasi SIQA UIN Syarifhidayatullah Jakarta

Dari sebelah kiri LPM UIN Syarif Hidayatullah: Jejen Jaenudin, S.Ag., M.Ed. Led, Dr.Akhmad Saehudin, MA, dan dari sebelah kanan Dr.Irwan Fathurrochman,M.Pd, Rahman Arifin, M.E LPM IAIN Curup

Dalam kegiatan ini Quality Ansurance Institusi UIN Syarifhidayatullah Jakarta juga memberikan edukasi tentang QS Rating (Quachquarelli Symonds Rating) dimana QS Rating / QS Star merupakan sebuah cara untuk mengukur keunggulan yang unik dari setiap universitas. Mengikuti preferensi yang ingin ditonjolkan oleh universitas yang dinilai. Dalam pengalaman ini UIN Syarifhidayatullah Jakarta menyampaikan bahwa penting untuk ikut/menjadi member QS Rating, Dalam hal ini UIN Jakarta secara otomatis keluar dalam ranking TOP 20 Universities in Indonesia.

Selanjutnya Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) IAIN Curup bergeser ke UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Tepatnya beralamat di Jl. Cimencrang, Cimenerang, Kec. Gedebage, Kota Bandung. LPM IAIN Curup. Dalam pertemuan ini LPM IAIN Curup disambut oleh Dr. Izzah Faizah Siti Rusydati Khaerani, M.Ag (Sekretaris), Dr.Rohanda, M.Ag (Kepala Pusat Audit dan Pengendalian Mutu) dan TIM LPM UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Dalam kegiatan ini LPM IAIN Curup dan LPM SGD mendiskusikan pengembangan mutu kampus dan Implementasi MBKM.

 

LPM IAIN Curup: Kerja keras yang ikhlas tidak akan membuatmu kecewa, apapun hasil akhirnya.